Monday, December 3, 2012

JENIS MIE

Mie adalah makanan favorit disemua tempat. Saat ini mie mengalami perkembangan yang pesat. Mie adalah makanan utama bangsa  china  dan asia. Pada akhir abad ke 13 Marco Polo bertandang ke china dan jatuh cinta pada kelezatannya sehingga membawa resep tersebut ke negaranya dan membuat dari bahan gandum, dan itulah awal dari pasta yang sekarang mendunia itu.

Ada 2 jenis mie yang dijual di pasaran, yaitu Mie basah dan Mie kering.  Dari bahan baku pembuatannya mie dibedakan, yaitu dari tepung beras dan tepung gandum/ terigu.
Mie yang paling populer adalah  Mie telur yang terbuat dari terigu dan telur dan biasanya berwarna kuning. Ada juga yang tidak memakai telur tapi biasanya berwarna putih.  Bentuknya bermacam - macam ada yang keriting, gepeng dan gilig (bulat kurus seperti lidi)
Jenis mie yang berbahan baku tepung beras, bentuknya juga banyak, dari yang kecil halus (bihun) sampai yang pipih melebar (kwetiau).

Untuk daya tahan, mie kering biasanya lebih bagus daripada mie segar.
* Mie segar harus dimanfaatkan dalam 3 hari. Mie ini sebelum diolah rebus selama 2 menit sampai lembut sesuai selera. Kalau mau tahan lama sebaiknya bekukan
* Mie kering biasanya sebelum diolah, direbus  selama  5 mnt tambah garam, angkat lalu tiriskan
* Mie beku mie yang dibekukan harus di anginkan sampai esnya meleleh lalu rebus sebentar sebelum diolah.

No comments:

Post a Comment