Thursday, December 6, 2012

CREAM, SOUR CREAM, BUTTERMILK

Ketiganya merupakan  produk susu, dan semuanya tersedia dalam bentuk rendah lemak (light cream, light sour cream, light buttermilk)

CREAM paling banyak untuk melapisi cake atau untuk melengkapi dessert adalah cream kenntal (thick cream atau whipping cream). Kandungan lemaknya tinggi, sedikitnya 30 - 36 %. Tapi karena lemaknya inilah krim kental bisa dikocok hingga mengembang dan kaku. Jika anda mempunyai krim kental, simpan di kulkas, tapi jangan lebih 7 hari. Cream ini bisa dipakai untuk campuran sup, saus steak, omelet, kopi, saus puding, puding atau isi sus.

SOUR CREAM Sedikitnya mengandung 18% lemak. Sour cream ini mempunyai rasa asam yang lembut. Bisa dipakai unruk campuran cake dan pancake. Kelebihan sour cream bisa dimanfaatkan untuk menggantikan sebagian  susu pada muffin, pancake, roti, saus steak dsb. Bisa juga untuk saus pafa salad maupun kentang brokoli panggang.

BUTTERMILK meskipun namanya milk, buttermilk bukan susu tapi limbah atau cairan yang terbentuk saat pembuatan mentega. Buttermilk yang ada di supermarket telah dibuat dari susu skim yang diberi bakteri tertentu agar mempunyai rasa dan kekentalan seperti yogurt. Buttermilk  bisa diminum maupun dipakai untuk membuat kue.
Buttermilk dipakai bersama soda kue untuk memaksimalkan pengembangan kue. Itu sebabnya muffin, pancake yang memakai buttermilk akan mengembang lebih besar  dan tekstur lebih empuk.  Untuk membuat kue bisa diganti dengan susu yang diberi air jeruk lemon atau vinegar.

No comments:

Post a Comment