Monday, December 3, 2012

BAWANG

Bawang adalah bumbu utama dalam setiap masakan. Sebenarnya bawang dulunya sering dipakai sebagai obat, karena kaya akan vitamin dan mineral, mengandung zat antiseptik dan antikoagulan, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Jenis bawang, yang banyak dipakai masak
*  Bawang putih / garlic adalah bumbu yang paling populer didunia, meskipun mempunyai bau yang menyengat. Sebelum dipakai masak biasanya dicincang, dimemarkan, parut agar artomanya keluar. Memberi rasa gurih pd masakan, dijual dalam bentuk segar dan bubuk.
*  Bawang merah / shallot termasuk salah satu penyedap didalam masakan asia.  Hampir semua masakan menggunakan bawang ini dalam bentuk segar dalam acar, dihaluskan dicampur dengan bumbu yang lain, maupun digoreng untuk taburan pada hidangan.
*  Bawang bombai / onion ada beberapa macam yaitu yellow onion (warna kuning kecoklatan), warna putih, paling banyak dijual dan red onion (warna merah) yang hanya dijual di supermarket tertentu). Kalau dimasak rasanya manis
*  Bawang prei / leek, bentuk mirip daun bawang, batangnya gepeng / pipih dan membentuk lipatan. Yang dipakai bagian putihnya, aromanya lembut dan rasa agak manis, dipakai dalam sop, quiche.
*  Bawang cung /chive sebenarnya bawang merah yang masih muda, biasanya untuk memberi aroma sedap pada rawon
*  Daun bawang / spring onion / green onion / scallion biasanya ysng dipakai bagian putih untuk kaldu sop, tumisan dan lainnya
*  Bunga bawang
*  Lokio
*   Kucai

No comments:

Post a Comment